Abstract:
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran tangga pintar, mengetahui kelayakan dan pengaruh media pembelajaran tangga pintar terhadap kemampuan berhitung peserta didik Sekolah Dasar (SD). Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Four-D (4D). Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, kuesioner, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran tangga pintar layak digunakan berdasarkan hasil penilaian dari ahli materi memperoleh nilai 94,54%, ahli media 96,25%, dan ahli pembelajaran 90,90%. Hasil peningkatan kemampuan berhitung peserta didik kelas I memperoleh nilai N-gain sebesar 0,97 dan kelas II memperoleh nilai N-gain sebesar 0,91 yang mana kedua nilai N-gain tersebut temasuk kategori “tinggi”. Dengan demikian, media pembelajaran tangga pintar layak digunakan dan dapat meningkatkan kemampuan berhitung peserta didik pada mata pelajaran matematika materi operasi hitung Sekolah Dasar (SD).
Kata Kunci: kemampuan berhitung; matematika; tangga pintar.