Abstract:
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah kompetensi digital guru PPKn di SMPN 3 Kota Banjarmasin, seperti yang kita ketahui bahwa kompetensi guru terdiri dari kompetensi pedagogic, social, kepribadian, dan professional. Terlebih yakni kompetensi digital yang merupakan bagian dari kompetensi professional seorang guru, kompetensi digital tersebut juga harus dimiliki oleh guru mata pelajaran PPKn, terlebih era digital seperti sekarang ini minimal guru harus mahir menggunakan teknologi digital. Oleh karena itu menjadi masalah apakah guru PPKn di SMPN 3 Banjarmasin sudah memiliki kompetensi digital bentuk educational content creation. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi digital bentuk educational content creation guru PPKn di SMPN 3 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penggumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap pemilihan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang didapat dari kompetensi digital guru PPKn di SMPN 3 Banjarmasin : Kompetensi digital bentuk educational content creation gutu PPKn di SMPN 3 Banjarmasin yaitu sudah menggunakan konten pembelajaran digital diantaranya power point, video pembelajaran dari youtube, menampilkan gambar atau foto yang berhubungan dengan materi pelajaran.