Abstract:
Pendidikan abad 21 menuntut pembelajaran yang terintegrasi antara sumber belajar, model pembelajaran, media, evaluasi dan lain-lain untuk mengembangkan kompetensi peserta didik. Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik berbasis Problem Based Learning merupakan salah satu alternatif upaya peningkatan pembelajaran. Konsep Sistem Reproduksi Manusia penting dipahami oleh semua peserta didik termasuk permasalahan yang terjadi dalam kehidupan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kelayakan, keseuaian dan keterbacaan hasil pengembangan LKPD elektronik pada konsep Sistem Reproduki Manusia. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D (Thiagarajan et al., 1974) yang dibatasi sampai tahap Develop. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kesesuaian, kelayakan, dan keterbacaan. Subjek penelitian adalah 3 ahli yang terdiri atas 2 orang dosen Pendidikan Biologi FKIP ULM, 1 orang guru mitra SMA Negeri 4 Banjarmasin, dan 9 peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 4 Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukan LKPD Elektronik berbasis Problem Based Learning pada konsep Sistem Reproduksi Manusia sangat sesuai (4,36) yang berarti sangat sesuai dengan tujuan pembelajaran, sangat layak (4,30) yang berarti secara teknis sangat layak digunakan sebagai sumber belajar, dan hasil keterbacaan sangat baik (4,44) yang berarti sangat mudah untuk dibaca oleh peserta didik.