Abstract:
E-learning yang dikembangkan berfungsi sebagai komplemen pembelajaran dan pemecahan masalah di kelas yaitu begitu banyaknya materi yang harus dikejar untuk mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal oleh peserta didik dan guru. E-learning memugkinkan peserta didik belajar dimanapun dan kapanpun, dan mengakses materi dengan baik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan media pembelajaran e-learning mata pelajaran sejarah pada kelas X untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini mengunakan metode R&D dengan model ADDIE. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan kousioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantatif dan kualitatif. Subjek dari penelitian ini peserta didik kelas X SMAN 5 Banjarmasin, dan objek dari penelitian ini e-learning. Sehingga dapat disimpulkan e-learning dikategorikan “sangat layak” digunakan dalam membantu proses pembelajaran peserta didik pada mata pelajaran sejarah kelas X SMAN 5 Banjarmasin.
Kata kunci : pengembangan media, e-learning, ADDIE, hasil belajar