Abstract:
ABSTRAK
Aulianti, 2023. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Volume Bola Menggunakan Model Problem Basic Learning Kombinasi Dengan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dan Number Head Together Kelas 6 SDN Kelayan Selatan 10 Kota Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs.H. Khairil Anwar, M.Pd
Kata kunci : Hasil Belajar Matematika Model Probleb Basic Learning,Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dan Number Head Together
Pendidikan yang efektif adalah suatu pendidikan yang memungkinkan peserta didik untuk dapat belajar dengan mudah, menyenangkan dan dapat tercapai tujuan sesuai dengan yang diharapkan. Dengan demikian, pendidik (dosen, guru, instruktur, dan trainer) dituntut untuk dapat meningkatkan keefektifan pembelajaran agar pembelajaran tersebut dapat berguna. Adapun rendahnya hasil belajar yang terjadi pada siswa yaitu kurang adanya guru dalam menggunakan model pembelajaran yang belum optimal, kurangnya guru dalam menggunakan media dalam pembelajaran. Melalui model pembelajaran Problem Basic Learning kombinasi Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dan Number Head Together merupakan salah satu solusi terbaik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru,mendeskripsikan aktivitas siswa dan manganalisis hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan dua siklus yang terdiri dari tiga kali pertemuan. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas 6 semester genap SDN Kelayan Selatan 10 tahun ajaran 2022/2023, jumlah siswa sebanyak 18 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Sedangkan data kuantitatif diperooleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel,grafik dan interpretasi dengan presentase.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas guru mendapatkan skor 24 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa secara klasikal mencapai 100?ngan kriteria sangat aktif. Serta hasil belajar siswa telah mencapai ketuntasan 100% secara klasikal dan individual.
Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Model Problem Basic Learning Kombinasi Dengan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dan Number Head Together dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa.