Abstract:
Elyn Suharyani, 2023. Gambaran Resiliensi Akademik Peserta Didik Jenjang Sekolah Menengah Atas Banjarmasin. Pembimbing (I) Muhammad Andri Setiawan, M.Pd (II) Dr. Nina Permata Sari, S.Psi., M.Pd.
Kata Kunci : Resiliensi Akademik, Peserta Didik, Sekolah Menengah Atas
Peserta didik sebagai remaja di lingkungan sekolah membutuhkan proses penyesuaian di situasi yang berbeda dari sebelumnya, penting bagi peserta didik agar memiliki resiliensi dan mampu dalam menghadapi setiap kesulitan dalam hidupnya serta pendidikan. Peserta didik membutuhkan resiliensi yang tinggi adanya resiliensi akademik yang tinggi, peserta didik yang memiliki resiliensi akademik tinggi cenderung memiliki keberhasilan akademik di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran resiliensi akademik peserta didik jenjang sekolah menengah atas Banjarmasin.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket resiliensi akademik dengan skala Likert. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dengan statistik deskriptif. Dalam penelitian ini populasi sebanyak 353 peserta didik dan jumlah sampel 188 peserta didik. Lokasi penelitian di SMA Negeri 8 Banjarmasin seluruh kelas X.
Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa resiliensi akademik peserta didik kelas X di SMA Negeri 8 Banjarmasin tergolong pada kategori sedang. Kesimpulan dari penelitian ini gambaran resiliensi akademik peserta didik tergolong pada kategori sedang dan pada setiap aspeknya tergolong pada kategori sedang. Pesera didik diharapkan dapat memahami resiliensi akademik agar dapat bertahan di situasi yang sulit, kepada guru diharapkan dapat mengetahui kesulitan peserta didik sehingga dapat berkontribusi dan mendukung peserta didik atau mencegah penurunan resiliensi akademik, serta bagi peneliti selanjutnya diharapkan penelitian ini dapat memberikan informasi mengenai resiliensi akademik pada peserta didik sehingga dapat menjadi bahan perbandingan dalam penelitian selanjutnya.