Abstract:
Abstrak
Permasalahan penelitian ini adalah kurangnya pemahaman materi dan keterlibatan siswa serta hasil belajar yang belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn di kelas V SDN Antasan Kecil Timur 3 Banjarmasin. Untuk memperbaiki permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan kombinasi model problem base learning, Discovery Learning dan Talking stick. Penelitian ini memanfaatkan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dengan tuga kali pertemuan. Setting penelitian adalah siswa kelas V SDN Antasan Kecil Timur 3 Banjarmasin tahun ajaran 2022/2023, dengan total siswa sejumlah 23 siswa mencakup 12 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 sampai 3 meningkat dari skor 19 hingga 28. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai 3 meningkat dari 43,4% hingga 82,6% (klasikal). Hasil belajar aspek kognitif pada pertemuan 1 sampai 3 meningkat dari 60,8% hingga 86,9% (klasikal). Hasil belajar ranah afektif disiplin pada pertemuan 1 sampai 3 meningkat dari 69,5% hingga 91,3% (klasikal), ranah afektif percaya diri pada pertemuan 1 sampai 3 meningkat dari 69,5% hingga 86,9% (klasikal) dan Hasil belajar ranah afektif bidang tanggung jawab pada pertemuan 1 sampai 3 meningkat dari 73,9% hingga 82,6% (klasikal). Hasil belajar aspek psikomotorik pada pertemuan 1 sampai 3 meningkat dari 47,8% hingga 82,6% (klasikal).
Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, PBL, Discovery Learning, Talking Stick