Abstract:
Berbagai metode pembelajaran dapat dilakukan oleh guru sehingga lebih memudahkan proses dan hasil belajar peserta didik, serta yang telah direncanakan bisa diraih dengan sebaik dan semudah mungkin oleh peserta didik. Maka dari itu, peneliti ingin mengembangkan LKPD Berkonteks Lahan Basah pada Sub materi pencemaran air. Lahan basah yang disajikan dalam penelitian ini yaitu sungai yang akan diamati secara langsung pencemaran yang terjadi disungai tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan menggunakan model 3D, Thiagarajan (1974). Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 15 Banjarmasin. Penelitian ini menjelaskan validitas, kepraktisan dan keefektifan penggunaan LKPD. Uji validitas dilakukan oleh tiga orang validator. Kepraktisan didapatkan dari angket respon peserta didik. Keefektifan dilihat dari nilai hasil belajar. LKPD memperoleh nilai kevalidan sebesar 3,49 dengan kriteria valid. Kepraktisan mendapatkan nilai sebesar 82,00?ngan kriteria sangat praktis. Keefektifan dengan perhitungan ngain sebesar 0,86 dengan kriteria tinggi. LKPD ini layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan, LKPD, Lahan Basah