Abstract:
NOSLiT adalah sebuah instrumen yang digunakan untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan pemahaman mahasiswa geografi angkatan 2022 universitas lambung mangkurat. NOSLiT merupakan sebuah Instrumen yang bebas materi sehingga instrumen tidak melibatkan materi ajar secara khusus dan lebih kepada pengetahuan umum tentang pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman mahasiswa pendidikan geografi terhadap matakuliah geografi tanah dan lingkungan menggunakan instrument Nature of Science Literacy Test (NOSLiT). Instrument yang digunakan diadaptasi dan telah dimodifikasi sesuai dengan budaya di Indonesia. Penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan Teknik sampel jenuh kepada mahasiswa/I geografi Angkatan 2022 untiversitas lambung mangkurat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman mahasiswa dalam matakuliah geografi tanah dan lingkungan dikategorikan tinggi dengan presentase rata-rata 83%. Hasil yang didapatkan sesuai dengan kemampuan mahasiswa dalam menganalisis, membangun konsep, dan cara menyelesaikan masalah yang terdapat dalam soal.
Kata kunci: Pengetahuan, Pemahaman, NOSLiT.