Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai sejarah dan kesenian dalam
kegiatan pendidikan formal, sebagai pelestarian musik tradisional, serta
mengetahui proses dan hasil siswa dalam pembelajaran seni musik Kuriding.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan
secara objektif dan aktual tahapan proses pembelajaran.
Penelitian1kualitatif ini diharapkan dapat menghasilkan 1 gambaran yang lebih rinci tentang ucapan,tulisan,dan perilaku yang dapat diamati dari
individu, kelompok, masyarakat, bahkan organisasi tertentu. Pendekatan
yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif yang menjabarkan hasil penelitian
melalui angka-angka yang akurat. Jumlah siswa dalam penelitian ini adalah 20
siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki danL8 siswa perempuan. Pelaksanaan
penelitian yang menggunakan analisis kritis ini dilaksanakan di kelas untuk
diamatiKdanNdicatatPperkembanganOyang terjadi selama 4 kali pertemuan yang
terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian
menunjukkan kemampuan siswa dalam memainkan alat musik Kuriding
mengalami peningkatan yang lebih baik dan telah mencapai kriteria ketuntasan
yang telah ditetapkan.