Abstract:
ABSTRAK
Merdeka belajar adalah konsep dari pembelajaran yang menciptakan suasana belajar bebas dan mandiri bagi siswa selain itu kurikulum merdeka juga menerapkan pengembangan soft skills dan karakter melalui projek penguatan profil pelajar Pancasila. siswa juga dapat berfokus pada materi esensial dan pembelajaran yang fleksibel. Namun Kurikulum Merdeka Belajar belum sepenuhnya dapat diterapkan di semua jenjang sekolah. Salah satu sekolah yang menerapkan Kurikulum Merdeka yaitu di SMP Negeri 1 Tanah Grogot. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk 1) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran IPA menggunakan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 1 Tanah Grogot. (2) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap pembelajaran IPA. (3) Mendeskripsikan faktor yang mendukung pembelajaran IPA. (4) Mendeskripsikan faktor yang menghambat pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat tiga strategi yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tanah Grogot, yaitu 1) Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP), (2) Proses dan perangkat pembelajaran pada mata pelajaran IPA (Intrakurikuler), dan (3) Penerapan projek penguatan profil pelajar Pancasila (p5).
Kata kunci: Kurikulum Merdeka, Pembelajaran IPA, SMPN 1 Tanah Grogot