Abstract:
Penelitian ini mengembangkan sebuah poster digital multimodal materi sistem pernapasan manusia dalam melatih kemampuan literasi sains pada aspek pengetahuan sains peserta didik SMP. Tujuan penelitian ini untuk menentukan validasi, keefektifan, dan kepraktisan media pembelajaran yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah model ADDIE, dengan lima tahapan, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil penelitian ini diperoleh validitas sebesar 88,33?ngan kategori sangat valid, kepraktisan yang didapatkan sebesar dengan kategori sangat praktis 91,93%, dan keefektifan yang didapatkan sebesar 0,48 dengan kategori cukup. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat valid, sangat praktis, dan cukup efektif. Maka dari itu penelitian ini dapat digunakan dalam pembelajaran IPA materi sistem pernapasan manusia. Implikasi dari penelitian ini, bahwa pengembangan poster digital multimodal ini merupakan suatu inovasi yang belum ada sebelumnya di pembelajaran IPA dan layak digunakan dalam pembelajaran IPA.