Abstract:
Permasalahan yang terdapat pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, karakter kesadaran lingkungan dan hasil belajar siswa pada materi siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan makhluk hidup.
Penyebabnya adalah siswa yang kurang terlibat aktif selama proses pembelajaran dan pembelajaran yang kurang menarik. Solusi pemecahan masalah pada penelitian ini adalah menggunakan model JENIUS (Problem Based Learnng, Course Review Horay terintegrasi STEM). Tujuan pada penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas guru dan menganalisis aktivitas siswa, karakter kesadaran lingkungan dan hasil belajar siswa muatan IPA Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita pada siswa kelas VB SDN Alalak Tengah 4.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tindakan Kelas dilakukan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB SDN Alalak Tengah 4tahun 2022/2023, dengan jumlah siswa 21 orang. Aktivitas guru dan siswa diperoleh dari lembar observasi. Hasil belajar siswa didapat dari tes tertulis yang dikerjakan secara individu. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik deskriptif.
Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa aktivitas guru telah mencapai 91?ngan kategori sangat baik, aktivitas siswa telah mencapai 95?ngan kategori sangat aktif, hasil belajar kognitif telah mencapai 100?ngan kategori tuntas, hasil belajar afektif (karakter kesadaran lingkungan) telah mencapai 100?ngan kategori sudah membudaya dan hasil belajar psikomotorik telah mencapai 90?ngan kategori sangat baik.
Berdasarkan hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan model JENIUS terintegrasi STEM maka akivitas guru, aktivitas siswa, karakter kesadaran lingkungan dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Sehingga model tersebut direkomendasikan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.