Abstract:
ABSTRAK
Qotimah. Husnul Dewi 2023. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Muatan IPS Menggunakan Model Rendang Pada Siswa Kelas V SDN Pangeran 2 Banjarmasin. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Raihanah Sari, S.Pd, M.Pd
Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, RENDANG
Permasalahan penelitian adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada muatan IPS. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar yaitu dengan menggunakan model Rendang. Adapun Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas guru dan menganalisis aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Pangeran 2 Banjarmasin yang berjumlah 12 orang siswa tahun ajaran 2022/2023. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui soal evaluasi secara individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dijabarkan dengan tabel, grafik, dan interpretasi dengan persentase.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I sampai IV dengan kreteria “sangat baik”. Aktivitas Siswa pertemuan I sampai IV meningkat menjadi 92?ngan kualifikasi sangat aktif dan aktif. Sehingga hal ini berdampak pada hasil belajar ranah afektif dari pertemuan I sampai IV menjadi 92%, kognitif menjadi 85?n ranah psikomotorik meningkat menjadi 92%.
Berdasarkan perolehan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model RENDANG dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan agar model tersebut dapat menjadi referensi bagi kepala sekolah, guru dan peneliti lain dalam penerapan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada siswa.