Abstract:
ABSTRAK
Wardianti, Rahmi. 2023. Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis
dan Hasil Belajar Siswa dalam Muatan IPA dengan Menggunakan
Model Problem Based Learning, Team Games Tournament, dan
Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Kelayan Dalam 7
Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung
Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Tika Puspita Widya Rini, M.Pd.
Kata Kunci: Aktivitas, Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Problem Based
Learning, Team Games Tournament, eksperimen
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas,
keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dalam muatan IPA. Hal
tersebut disebabkan proses pembelajaran didalam kelas yang masih bersifat satu
arah, siswa kurang diberi kesempatan untuk mengembangkan pengetahuan dan
pemahaman tentang konsep IPA secara mandiri, tidak ada kegiatan pembelajaran
yang merangsang kemampuan berpikir kritis siswa, rasa ingin tahu siswa yang
masih rendah, pembelajaran monoton dan membosankan karena menggunakan
model pembelajaran yang kurang variatif. Upaya untuk mengatasi permasalahan
tersebut adalah menerapkan model Problem Based Learning, Team Games
Tournament dan metode eksperimen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa, keterampilan
berpikir kritis, dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang
dilaksanakan dengan 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V
SDN Kelayan Dalam 7 Banjarmasin tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah
siswa sebanyak 28 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan
kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari observasi aktivitas guru, aktivitas siswa,
dan keterampilan berpikir kritis. Data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang
diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok maupun individu. Analisis data
dalam penelitian ini menggunakan deskriptif analisis cros tabulasi dijabarkan
dengan tabel, grafik dan interpertasi dengan persentase.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1
sampai 4 meningkat dari skor 29 hingga 36. Aktivitas siswa pada pertemuan 1
sampai 4 meningkat dari 50% hingga 100?ngan kriteria sangat aktif.
Keterampilan berpikir kritis pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 47%
hingga 93?ngan kriteria sangat terampil. Sehingga mempengaruhi
meningkatnya hasil belajar siswa aspek kognitif pertemuan 1 sampai 4 dari 54%
hingga 96%, aspek afektif pertemuan 1 sampai 4 dari 46% hingga 89%, dan aspek
psikomotorik dari pertemuan 1 sampai 4 dari 50% hingga 92%.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan
model Problem Based Learning, Team Games Tournament dan metode
eksperimen dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan
berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Disarankan dalam penggunaan model
Problem Based Learning, Team Games Tournament dan metode eksperimen
dapat dijadikan sebagai salah satu referensi dalam meningkatkan kualitas aktivitas
guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.