Abstract:
ABSTRAK
Aldi. 2023. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan PPKn Dengan Menggunakan Model PATRI pada Kelas III Di SDN TANJUNG PAGAR 3. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Ratna Purwanti, S. Pd., M. Pd.
Kata Kunci : Aktivitas, Hasil Belajar, Problem Based Learning, Think Pair Share, dan Course Review Horay.
Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini adalah aktivitas siswa masih rendah dan hasil belajar siswa masih terbatas. Penyebab dari permasalahan ialah siswa kurang berinteraksi dalm pemblajaran, Siswa kurang berperan aktif dalam proses pembelajaran, dan siswa tidak bekerjasama dalam mengerjakan tugas kelompok. Serta rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu, salah satu upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar yaitu melalui model Problem Based Learning, Think Pair Share, dan Course Review Horay. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan menganalisis hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN TANJUNG PAGAR 3 Tahun Pelajaran 2023/2024, jumlah siswa sebanyak 36 orang. Teknik analisis diperoleh melalui observasi, dan data hasil belajar siswa didapat melalui evaluasi, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik. Selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa secara individual dan klasikal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan selalu terlaksana dengan baik, pada setiap pertemuan mendapatkan “Kriteria Sangat Baik”. Aktivitas Siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh kriteria “Aktif” dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi “Sangat Aktif”. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pertemuan 1 memperoleh 63?n meningkat pada pertemuan 4 menjadi 100%. Berdasarkan temuan dan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning, Think Pair Share dan Course Review Horay dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan kepada guru khususnya muatan PPKn tema 7 dapat mengembangkan pembelajaran inovatif dengan menjadikan model ini sebagai salah satu alternative untuk meningkatkan kualitas pendidikan.