Abstract:
Penelitian pengembangan adalah penelitian yang bertujuan untuk memperbaiki penelitian yang telah dilakukan sebelumnya untuk meningkatkan kualitas bahan pembelajaran. Ensiklopedia adalah salah satu jenis bahan pembelajaran berupa buku (serangkaian buku) yang menghimpun uraian tentang berbagai hal dan disusun menurut abjad atau menurut lingkungan ilmu. Umumnya ensiklopedia menggabungkan teks dengan gambar yang dikolaborasikan sedemikian rupa sehingga menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas isi, kepraktisan isi dan harapan serta keefektifan harapan ensiklopedia famili fabaceae. Metode penelitian yang digunakan yaitu desain Tessmer, yang terdiri atas: 1) self evaluation;2) expert review; 3) one-to-one evaluation; 4) small group evaluation; Subjek validasi meliputi tiga orang ahli, subjek uji perorangan adalah empat orang mahasiswa yang sedang mengikuti mata kuliah phanerogamae dan subjek uji kelompok kecil adalah empat orang mahasiswa yang sedang mengikuti mata kuliah phanerogamae. Data diperoleh dari instrumen penelitian validitas isi, kepraktisan isi, kepraktisan harapan, dan keefektifan harapan. Hasil dari penelitian menunjukkan: 1) Validitas isi ensiklopedia dikategorikan valid yaitu 3,80, 2) kepraktisan isi dikategorikan baik yaitu 3,82 , dan kepraktisan harapan dikategorikan sangat baik yaitu 85,71%, 3) Keefektifan harapan dikategorikan sangat baik yaitu 88,89%, sehingga mampu melatihkan keterampilan berpikir kritis. Ensiklopedia Famili Fabaceae Kebun Raya Banua dinyatakan valid meliputi isi, kebahasaan dan desain. Praktis karena memiliki daya tarik dan mudah digunakan sehingga memberikan respon positif (sangat baik). Efektif karena dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa.
Kata kunci: pengembangan ensiklopedia, fabaceae, keterampilan berpikir kritis