Abstract:
Proses pembelajaran sangat dipengaruhi oleh penggunaan model pembelajaran, penggunaan model pembelajaran yang sesuai membuat pembelajaran di kelas menjadi efektif dan efisien serta membantu meningkatkan pemahaman peserta didik agar tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji pengaruh implementasi model PBL berbasis CLDW pada materi pemanasan global terhadap hasil belajar biologi peserta didik kelas X MAN 2 Banjarmasin dan (2) mendeskripsikan implementasi model PBL berbasis CLDW pada materi pemanasan global terhadap keterampilan generik sains peserta didik kelas X MAN 2 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian the non-equivalent control group design. Sampel penelitian ini sebanyak 66 orang peserta didik yang dibagi ke dalam 2 kelas yaitu X E sebagai kelas kontrol dan X F sebagai kelas eksperimen di MAN 2 Banjarmasin. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) terdapat pengaruh implementasi model PBL berbasis CLDW pada materi pemanasan global terhadap hasil belajar biologi peserta didik kelas X MAN 2 Banjarmasin dan (2) implementasi model PBL berbasis CLDW pada materi pemanasan global terhadap keterampilan generik sains peserta didik kelas X MAN 2 Banjarmasin dalam kategori tinggi