Abstract:
Muhammad Haikal Mahardika. 2022. Strategi Pemasaran Karya Musik di Era Digital Studi Kasus pada Grup Musik Band Rakat di Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (I) Muhammad Najamudin, M.Pd. (II) Benny Mahendra, M.Pd.
Rakat merupakan salah satu grup band yang berasal dari Kota Banjarmasin produktif dalam berkarya dan menjadikan media digital atau media sosial sebagai sarana utama dalam memasarkan hasil karya musiknya sehingga bisa diterima dan dinikmati oleh masyarakat luas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi pemasaran karya musik grup band Rakat di era digital ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi serta teknik pemeriksaan keabsahan data diperiksa dengan metode triangulasi data. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunkan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pemasaran karya musik yang digunakan oleh oleh grup band Rakat di era digital adalah memakai dan memaksimalkan media sosial atau strategi internet marketing dimana pengguna internet mendominasi dalam pemasarannya yang sekarang lagi ramai dan banyak diakses oleh banyak orang diantaranya (1) penggunaan media sosial dalam melakukan promosi seperti YouTube, Facebook, Whatsapp, Instagram, Spotify, (2) konten marketing pembuatan konten untuk bahan promosi yang akan diunggah di media-media sosial berupa foto, video, video musik yang bisa menarik perhatian pengguna media sosial dimanapun berada, (3) mobile marketing pemilihan media sosial yang mudah diakses dengan mudah melalui smartphone yang banyak penggunanya supaya target marketnya sesuai dengan yang sudah direncanakan sehingga tujuan pemasarannya tercapai.
Saran yang dapat disampaikan oleh peneliti bagi grup musik Rakat agar lebih mengembangkan model pemasaran atau konten yang dibuat dan selalu mengikuti gaya pemasaran karya musik di era digital ini untuk kedepannya supaya bisa selalu eksis didunia industri musik nasional dan karya-karyanya bisa dinikmat oleh banyak orang.
Kata Kunci: Era Digital, Rakat, Strategi Pemasaran.