Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja profesional
guru di mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
di SMP Negeri 1 Banjarmasin. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengidentifikasi kompetensi guru melalui pengaruh kinerja
profesional guru terhadap minat belajar siswa mata pelajaran PPKN
di SMP Negeri 1 Banjarmasin, yang mencakup kompetensi
profesional, kompetensi sosial, kompetensi kepribadian, dan
kompetensi pedagogik. Metode penelitian ini adalah kualitatif
deskriptif. Penulis mengumpulkan data dengan menggunakan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sebagai sampel, tiga guru
PPKN akan dipilih untuk melakukan analisis data dan triangulasi.
Temuan menunjukkan bahwa: (1) Guru mengutamakan kompetensi
mengajar dalam menyusun RPP, kegiatan pembelajaran, dan
penilaian, sedangkan penilaian belum maksimal, (2) Kompetensi
profesional lebih diprioritaskan kemampuan guru dalam penguasaan materi pelajaran secara luas dan penguasaan bahan ajar sudah maksimal dalam penerapannya sesuai dengan bidang studinya,(3) Kemampuan personal lebih diutamakan disiplin mengajar guru dan keteladanan terlebih dahulu, tetapi belum ideal dalam hal komunikasi dan interaksi, serta pengaruhnya masih kurang baik,dan (4) Kemampuan sosial guru dapat dikatakan belum optimal dalam hal komunikasi dan interaksi dengan siswa , sehingga efek dan efisiensi pembelajaran rendah.