Abstract:
ABSTRAK
Penelitian proses pembelajaran IPA di SMPN 1 Babirik Kabupaten Hulu Sungai
Utara bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran IPA ditinjau dari
standar proses dan mendeskripsikan kompetensi guru IPA ditinjau dari standar
tenaga kependidikan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik validasi menggunakan
triangulasi data. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan cara
reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa proses pembelajaran IPA di SMPN 1 Babirik telah sesuai dengan standar
proses. RPP yang disusun guru IPA telah memenuhi sebagian besar indikator
dalam Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang komponen RPP. Secara umum,
tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian sudah sesuai dengan standar
proses. Adapun kompetensi guru IPA di SMPN 1 Babirik juga telah memenuhi
standar tenaga pendidik.
Kata Kunci : kompetensi guru, proses pembelajaran IPA, standar pendidikan