Abstract:
ABSTRAK
Putri, Reginatama. 2023 .Meningkatkan Aktivitas Dan Motivasi Belajar Siswa Dengan Model Problem Based Learning (PBL), Teams Games Tournament (TGT), Talking Stick Muatan IPA Pada Kelas IV SDN Sungai Miai 2 Banjarmasin.Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Dr. H. Metroyadi, S.H., M.Pd.
Kata Kunci : Aktivitas, Motivasi Belajar, PBL, TGT, Talking Stick
Permasalahan pada penelitian rendahnya aktivitas dan motivasi siswa di dalam kelas, seperti kurangnya kerja sama siswa, pasif dalam bertanya, kurang berkembangnya keterampilan siswa pada berpikir kritis dan kreatif, pemecahan masalah, dan keterampilan lain yang dibutuhkan siswa, tentunya berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa pada muatan IPA dengan tema Cita-citaku di kelas IV SDN Sungai Miai 2 Banjarmasin. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar siswa
Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 4 pertemuan dengan jumlah siswa sebanyak 21 siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Kualitatif berasal dari aktivitas dan motivasi siswa, sedangkan kuantitatif berasal dari hasil belajar siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas guru pada pertemuan I cukup baik, pertemuan II dan III kategori baik, dan pertemuan IV kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I dengan kategori cukup aktif , pertemuan II kategori aktif, pertemuan III kategori aktif, dan pertemuan IV kategori sangat aktif. Motivasi siswa pertemuan I skor 57% kategori aktif, pertemuan II, III, dan IV skor 100% kategori sangat termotivasi. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pertemuan I skor 19%, II skor 29%, III skor 81%, IV skor 100?rdasarkan hasil tersebut peneliti berkesimpulan bahwa muatan IPA dengan model pembelajaran PBL, TGT dan talking stick dapat meningkatkan dari segi aktivitas siswa, motivasi siswa, serta hasil belajar siswa dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik pada kelas IV SDN Sungai Miai 2 Banjarmasin.