Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe the power of two dalam meningkatkan hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Anjir Muara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kolaboratif. Subjek penelitian terdiri dari 38 siswa kelas XI IPS SMAN 1 Anjir Muara pada mata Pelajaran Ekonomi tahun ajaran 2022/2023 semester genap. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, kuesioner, tes hasil belajar dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji T berpasangan dan Uji T Independen. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran the power of two mampu meningkatkan keaktifan siswa, pembelajaran lebih menarik, hasil belajar siswa kelas XI IPS 1setelah menggunakan model pembelajaran the power of two mengalami peningkatan rata-rata dari siklus I (48,42), siklus II (55), dan siklus III (77,67) sedangkan pada kelas XI IPS 2 mengalami peningkatan rata-rata dari siklus I (62,36), siklus II (63,42), dan siklus III (83,75), terdapat perbedaan hasil belajar siswa XI IPS SMAN 1 Anjir Muara setelah penerapan model pembelajarn the power of two dilihat dari hasil analisis diperoleh nilai thitung (-2,886) > ttabel (-1,687).
Kata kunci: Perbedaan, The Power of Two, Hasil Belajar