Abstract:
Penggunaan video pembelajaran animasi motion graphic mampu meningkatkan motivasi belajar siswa kelas II SD Kartika V-6 karena terdiri dari gabung teks, warna, grafik, gerakan dan narasi membuat animasi motion graphic dapat mencapai indikator dari motivasi belajar yang danya hasrat dan keinginan
berhasil, adanya penghargaan dalam belajar, dan adanya lingkungan belajar yang kondusif sehingga memungkinkan seorang siswa dapat belajar dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pengembangan video pembelajaran animasi motion graphic dengan pendekatan humanistik dalam meningkatkan motivasi siswa untuk mata pelajaran matematika bangun datar dan bangun ruang kelas II (2) Mengetahui dan menganalisa tingkat kelayakan dalam pengembangan video pembelajaran animasi motion graphic dengan pendekatan Humanistik dalam meningkatkan motivasi siswa untuk mata pelajaran matematika materi bangun datar dan bangun ruang kelas II, (3)Mengetahui hasil peningkatan
motivasi belajar siswa kelas II setelah menggunakan video pembeljaran animasi motion graphic dengan pendekatan humanistik. Jenis Penelitian ini adalah Research and Development R&D dengan menggunakan model pengembangan 4D (Four-D) yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Hasil penelitian pada tahap pengembangan menghasilkan peningkatan motivasi belajar siswa mendapat skor N-Gain sebesar 0,6 dengan kategori “sedang”. Dari penelitian pengembangan ini peneliti dapatmerekomendasikan pengembangan dan pemanfataan media pembelajaran sebagai alat bantu proses pembelajaran dengan tetap memperhatikan media dapat benar-benar membantu peserta didik dan sesuai dengan karakteristik peserta didik serta materi yang berkesinambungan dengan media.