Abstract:
Irham, M (2023). Meningkatkan Aktivitas, Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model PIRING ANTIK Pada Siswa Kelas V SDN Sidorejo 1. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Ratna Purwanti, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci : Matematika, Problem Based Learning, Snowball Throwing
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika disebabkan karena pembelajaran yang kurang bervariasi dan pembelajaran yang masih bersifat satu arah sehingga siswa cepat merasa bosan, kurangnya keterlibatan siswa atau siswa masih bersifat pasif dalam pembelajaran baik dalam kelompok maupun secara individu, kurang berani menyampaikan pendapatnya serta siswa masih kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan aktivitas siswa serta menganalisis motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika menggunakan model PIRING ANTIK (Problem Based Learning, Pembelajaran Matematika Realistik dan Snowball Throwing).
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sidorejo 1 yang berjumlah 20 orang siswa yang terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan pada semester 2 tahun ajaran 2022/2023. Data yang diambil merupakan data kualitatif yang diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Kemudian data kuantitatif untuk motivasi dan hasil belajar siswa diperoleh dari mengisi angket dan tes tertulis secara individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknis deskriptif analisis dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh nilai 25 dengan kriteria “Baik”, kemudian meningkat pada pertemuan 3 memperoleh nilai 32 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 mencapai persentase 60?ngan kriteria “Cukup Aktif” kemudian pada pertemuan 3 meningkat menjadi 100?ngan kriteria “Sangat Aktif”. Motivasi siswa pada pertemuan 1 mencapai persentasi 70?ngan kriteria “Tinggi” kemudian meningkat pada pertemuan 3 mencapai persentase 100?ngan kriteria “Sangat Tinggi”. Ketuntasan Hasil Belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh ketuntasan klasikal 45% kemudian meningkat pada pertemuan 3 dengan memperoleh ketuntasan klasikal 100%.
Berdasarkan Hasil Penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PIRING ANTIK (Problem Based Learning, Pembelajaran Matematika Realistik dan Snowball Throwing) dapat meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa di kelas V SDN Sidorejo 1. Adapun saran bagi gutu, kepala sekolah dan peneliti lain yaitu bahwa penelitian ini bisa dijadikan salah satu alternatif dalam memilih, menggunakan serta mengkombinasikan model pembelajaran khususnya pada muatan Matematika.
?