Abstract:
Guru dituntut mampu memberikan bahan ajar yang menarik seiring kemajuan teknologi agar siswa tetap terlibat dan tidak cepat bosan saat belajar. Sehingga dapat meningkatkan pengajaran di kelas dan meningkatkan pemahaman siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran, penggunaan bahan ajar yang tepat dapat berdampak pada kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan melaporkan hasil belajar kognitif, emosional, dan psikomotorik siswa ketika mereka memperoleh ide tentang sistem reproduksi manusia melalui penggunaan e-booklet. Sampel penelitian adalah siswa SMA XI MIPA dengan metode penelitian Eksperimen semu. Menurut hasil penelitian yang didapat, penggunaan e-booklet berdampak pada hasil pembelajaran kognitif produk pada kedua kelas. E-booklet mampu meningkatkan hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen. Penggunaan e-booklet memiliki dampak dalam kategori baik hingga luar biasa terhadap hasil belajar emosional dan psikomotorik. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan e-booklet sebagai bahan ajar berhasil dav efektif meningkatkan hasil belajar siswa.