Abstract:
Permasalahan penelitian adalah Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDI Rahmatillah pada muatan PPKn. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang bersifat satu arah, kurang menuntut siswa untuk membangun pengetahuannya sendiri, pdanembelajaran kurang melatih kerjasama dan interaksi antar siswa. Salah satu upaya yang dilakukan yakni melalui penggunaan model pembelajaran PINDANG (PBL, PAP, NHT). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, meningkatkan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDI Rahmatillah tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 8 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari observasi aktivitas guru, siswa, dan hasil belajar. Data kuantitatif diperoleh dari pengukuran tes tertulis secara individu berupa lembar kerja peserta didik dan evaluasi. Analisis data menggunakan tipe Transformative Mixed Methodes dengan interpretasi menggunakan Descriptive Analysis dan Cross Tabulation Analysis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 sampai 3 memperoleh kriteria “sangat baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai 3 meningkat dari kriteria “cukup aktif” menjadi “sangat aktif”. Sehingga hal ini berdampak pada hasil belajar siswa pertemuan 1 sampai 3 terjadi peningkatan secara klasikal.
Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model PINDANG dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.