Abstract:
ABSTRAK
Maulana, Muhammad Fajrin. 2023. Meningkatkan Aktivitas, Karakter Kerja Keras dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Menggunakan Model PIAGAM Berbasis STEM di SDN Pangeran 1 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Pembimbing : Muhsinah Annisa, S.Si., M.Pd.
Kata Kunci: Aktivitas Siswa, Karakter Kerja Keras, Hasil Belajar, PIAGAM
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, karakter kerja keras dan hasil belajar siswa pada materi sifat dan perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari. Penyebabnya adalah siswa kurang aktif dalam pembelajaran, belum dapat memahami kosep pembelajaran dengan baik, belum dapat memecahkan masalah, pembelajaran masih bersifat satu arah, dan kurangnya implementasi teknologi di dalam pembelajaran. Hal ini menyebabkan siswa menjadi kurang bersemangat mengikuti kegiatan pembelajaran, pemahaman konsep IPA yang diterima siswa kurang maksimal, siswa menjadi pasif serta hasil belajar yang didapatkan siswa masih rendah. Alternatif pemecahan masalah pada penelitian ini menggunakan model PIAGAM (Problem Based Learning, Teams Games Tournament) berbasis pendekatan STEM. Tujuan penelitian yang ingin dicapai ialah mendeskripsikan dan meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan 2 macam pendekatan yaitu kuantitatif dan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam empat kali pertemuan. Subjek penelitian disini adalah siswa kelas V semester genap SDN Pangeran 1 Banjarmasin tahun ajaran 2022/2023, dengan jumlah siswa sebanyak 25 siswa. Aktivitas guru dan siswa diperoleh melalui lembar observasi. Hasil belajar siswa diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Teknik deskriptif analisis dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpresi dengan persentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru terlaksana hingga mencapai nilai 97?ngan kategori sangat baik, aktivitas siswa terlaksana hingga mencapai persentase 96?ngan kategori sangat aktif, hasil belajar kognitif siswa mencapai persentase 100?ngan kategori tuntas, hasil belajar afektif mencapai persentase 100?ngan kategori membudaya, dan hasil belajar psikomotor mencapai persentase 100?ngan kategori sangat baik.
Berdasarkan hasil temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model PIAGAM dapat meningkatkan aktivitas, karakter kerja keras dan hasil belajar siswa. Disarankan model ini dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas, karakter kerja keras dan hasil belajar siswa