Abstract:
Media pembelajaran yang tepat akan menghasilkan pembelajaran yang bermakna.
Pembelajaran yang bermakna tersebutlah yang kemudian akan menghasilkan hasil
belajar IPA yang baik, namun nyatanya media yang digunakan seringkali hanya
buku tulis atau LKS dengan sesekali menggunakan powerpoint, dan masih banyak
siswa yang nilainya berada dibawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis validitas, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran ular tangga
untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi sistem ekskresi
manusia. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D)
dengan model pengembangan 3D (Define, Design, Develop). Penelitian ini diuji
cobakan pada peserta didik kelas VIII A di SMP Negeri 21 Banjarmasin. Teknik
analisis data yang digunakan yaitu persentase dan N-Gain. Hasil penelitian
menunjukkan mendapatkan skor validitas 81%, skor kepraktisan 87,89 ?n skor
keefektifan sebesar 0,48. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan media
pembelajaran ular tangga dinyatakan valid, sangat praktis, dan efektif digunakan
pada pembelajaran IPA di SMP dan dapat digunakan untuk meningkatkan hasil
belajar peserta didik