Abstract:
Pemerintah mengeluarkan kebijakan kurikulum merdeka dengan tujuan meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik karena kemampuan tersebut sangat dibutuhkan dalam era revolusi industri 4.0. Supaya tujuan tersebut tercapai, perlu ada sebuah pendekatan, metode aau model dalam pembelajaran matematika yang bisa meningkatkan kemnampuan berpikir kritis peserta didik karena kemampuan berpikir kritis peserta didik dapat dilatih dalam proses pembelajaran matematika. Salah satu pendekatan yang bisa meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik yaitu pendekatan TPACK (Technological Pedagogical and content knowledge ). Adapun tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X Boys dan peserta didik kelas X Girls SMA GIBS pada mata pelajaran matematika dengan menerapkan pendekatan TPACK, mendeskripsikan efektifitas penggunaan pendekatan TPACK dalam menignkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X Boys dan peserta didik kelas X Girls SMA GIBS pada mata pelajaran matematika, dan menganalisis hubungan gender dengan pendekatan TPACK pada pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen, dimana seluruh peserta didik kelas X SMA GIBS sebagai populasinya. Untuk pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisisnya menggunakan statistika deskriptif, uji N-gain, dan uji beda rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X Boys 1 pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan TPACK termasuk ke dalam kriteria rendah, kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X Girls 3 pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan TPACK termasuk ke dalam kriteria sangat rendah, penggunaan pendekatan TPACK dalam pembelajaran matematika kurang efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X Boys, penggunaan pendekatan TPACK dalam pembelajaran matematika tidak efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X Girls, dan tidak terdapat pengaruh gender yang signifikan pada pembelajaran matematika yang menggunakan pendekatan TPACK terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.