Abstract:
ABSTRAK
Astuti, Rahma Dewi. 2022. “Meningkatkan Motivasi, Aktivitas Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Muatan Matematika Menggunakan Model CRYSTAL Pada Siswa Kelas V SDN Kelayan Dalam 7 Banjarmasin”. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Noorhapizah, ST., M.Pd.
Kata Kunci: Motivasi, Aktivitas, Berpikir Kritis, model CRYSTAL
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi, aktivitas belajar dan keterampilan berpikir kritis yang berdampak pada hasil belajar siswa muatan Matematika. Hal tersebut disebabkan semangat siswa rendah, kegiatan pembelajaran belum berpusat pada aktivitas siswa, sedikitnya siswa yang ingin bertanya, mengemukakan pendapat, dan belum memahami konsep dari materi pelajaran. Upaya untuk mengatasi permasalahan adalah menerapkan model CRYSTAL kombinasi model Problem Based Learning, Team Assisted Individualization, dan Talking Stick. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, meningkatkan motivasi, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian sebanyak 28 orang. Jenis data dalam penelitian adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari observasi aktivitas guru, motivasi belajar, aktivitas siswa, dan keterampilan berpikir kritis. Data kuantitatif untuk hasil belajar siswa diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok maupun individu. Analisis data dalam penelitian menggunakan deskriptif analisis cross tabulasi.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pertemuan 1 sampai 4 meningkat memperoleh 100% kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pertemuan 1 sampai 4 meningkat memperoleh 93% kriteria hampir seluruh siswa sangat aktif. Sehingga mempengaruhi meningkatnya hasil belajar siswa pertemuan 1 sampai 4 memperoleh 99% kriteria hampir seluruh siswa sangat tuntas.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model CRYSTAL dapat meningkatkan aktivitas guru, motivasi, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Disarankan dalam penggunaan model CRYSTAL dapat dijadikan sebagai salah satu referensi dalam meningkatkan kualitas aktivitas guru, motivasi belajar, aktivitas siswa, dan keterampilan berpikir kritis yang berdampak pada hasil belajar siswa