Abstract:
Permasalahan yang dibahas dalam artikel ini adalah rendahnya aktivitas peserta didik yang berdampak hasil belajar peserta didik pada pembelajaran PPKn ?ema 7 yang disebabkan karena kurangnya penerapan model pembelajaran yang bervariasi. ?ujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan aktivitas peserta didik dan meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model BATUAH yang mana merupakan kombinasi dari model problem based learning, numbered head together dan snowball throwing.
Penelitian dilaksanakan dalam empat kali pertemuan dengan menggunakan jenis penelitian tindakan. Yang menjadi su?jek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN ?elawang 1 Banjarmasin yang ?erjumlah 13 peserta didik. Lem?ar o?servasi aktifitas pendidik dan peserta didik dalam proses pem?elajaran serta tes evaluasi hasil ?elajar merupakan instrumen yang digunakan.
Berdasarkan hasil penelitian, aktifitas pendidik terlaksana sesuai langkah-langkah pem?elajaran dengan kriteria sangat ?aik, aktifitas peserta didik mendapat kategori sangat aktif serta hampir seluruh peserta didik di kelas sangat aktif. Adapun hasil ?elajar individu dan kelompok peserta didik telah mencapai 70 > 80% yang merupakan ketuntasan minimal yang ditetapkan.
Maka dapat disimpulkan ?ahwa, penerapan model BATUAH pada muatan PPKn Tema 7 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil ?elajar peserta didik karena telah terlaksana dengan ?aik sesuai dengan langkah pem?elajaran yang di?uat.
Kata Kunci: aktivitas, hasil belajar, problem based learning, numbered head together, snowball throwing