Abstract:
Proses pembelajaran sangat dipengaruhi oleh penggunaan model pembelajaran yang sesuai membuat pembelajaran di kelas menjadi efektif dan efisien serta membantu meningkatkan pemahaman peserta didik agar tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMAN 8 Banjarmasin pada sub konsep gangguan dan teknologi sistem pernapasan manusia menggunakan model problem based learning. Subjek Penelitian ini sebanyak 69 orang peserta didik yang dibagi dalam 2 kelas yaitu XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan dengan quasi experiment dengan desain penelitian the nonequivalent control group design. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan (1) Implementasi model pembelajaran PBL subkonsep gangguan dan teknologi sistem pernapasan berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,000, (2) Hasil belajar kognitif proses dengan implementasi model PBL termasuk dalam kategori baik. (3) Hasil belajar afektif berkarakter (bertanggung jawab dan santun) termasuk dalam kategori amat baik. (4) Hasil belajar afektif sosial (bekerjasama dan menyumbangkan pendapat) termasuk dalam kategori amat baik. (5) Hasil belajar psikomotorik termasuk dalam kategori amat baik.