Abstract:
ABSTRAK
Ramadhan, Muhammad Kurnia, 2023. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil
Belajar Tema 6 Cita-Citaku Menggunakan Model "BERATUR" Pada
Siswa Kelas IV SDN 2 Cempaka Banjarbaru. Skripsi program
pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. H.
Muhammad Saleh, M.Pd.
Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, BERATUR.
Permasalahan penelitian adalah rendahnya aktivitas siswa, dan rendahnya
hasil belajar siswa pada tema 6 Cita-Citaku. Hal ini disebabkan karena proses
pembelajaran yang kurang mampu melibatkan keaktifan siswa. Salah satu upaya
yang dilakukan yakni melalui penggunaan model pembelajaran BERATUR
(Problem Based Learning. Numbered Heads Together, Picture and Picture).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru,
meningkatkan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek
penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 Cempaka Banjarbaru tahun pelajaran
2022/2023 sebanyak 22 orang, laki laki 13 orang dan perempuan 9 orang. Jenis data
dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh
dari observasi aktivitas guru, siswa. Data kuantitatif diperoleh dari pengukuran tes
tertulis secara individu berupa lembar kerja peserta didik dan evaluasi. Analisis data
menggunakan tipe Transformative Mixed Methodes dengan interpretasi
menggunakan Descriptive Analysis dan Cross Tabulation Analysis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I
mencapai 62,5?ngan kriteria “cukup baik” pertemuan ke II mencapai 70?ngan kriteria “baik” Pertemuan III mencapai 82,5?ngan kriteria “sangat
baik”, pertemuan IV mencapai 100% memperoleh kriteria “sangat baik”. Aktivitas
siswa pada pertemuan I mencapai 45%, pertemuan II mencapai 63%, pertemuan III
mencapai 73%, dan pertemuan IV mencapai 100?ngan kriteria “sangat aktif”.
hasil belajar afektif pertemuan I mencapai 41% , pertemuan II mencapai 68%
peningkatan secara klasikal, pertemuan III mencapai 82%, dan pertemuan IV
mencapai skor maksimal 100%, hasil belajar Kognitif pertemuan I mencapai 45?n meningkat pada pertemuan II yaitu 64%, pertemuan III mencapai 77?n IV
mencapai 100%. Hasil belajar psikomotorik pada Pertemuan I yaitu 50%,
pertemuan II yaitu 68%, pertemuan III yaitu 82?n IV mencapai hasil maksimal
yaitu 100?rdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model BERATUR dapat
meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Disarankan
penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan
aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa