Abstract:
Masalah pada penelitian adalah masih terdapat kesulitan guru untuk melakukan berbagai inovasi pembelajaran di kelas, karena keterbatasan sumber daya, yang di sebabkan berbagai faktor penghambat seperti kurang sarana dan prasarana, buku yang kurang menunjang. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui tentang inovasi guru penggerak dalam pembelajaran PPKn di SMP Negeri 34 Banjarmasin, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat inovasi guru penggerak dalam pembelajaran PPKn. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif.
Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap pemilihan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) bahwa sebelum adanya inovasi dalam pembelajaran tenaga pendidik atau guru hanya menerapkan metode pengajaran ceramah, tanya jawab, tugas-tulis dan PPT, namun setelah adanya inovasi guru penggerak dalam pembelajaran guru menggunakan metide pembelajaran yang beragam dan kreatif, sepeti diskusi kelompok, simulasi dan studi kasus. (2) faktor pendukung inovasi guru penggerak adanya dukungan dari sekolah, dalam memberikan, memfasilitasi dan mengapresiasi upaya guru dalam mengembangkan inovasi dalam pembelajaran dapat memotivasi guru untuk terus berinovasi, dengan mengikuti pelatihan, mengikuti webinar, workshop, dan MGMP. Sedangakn faktor penghambat inovasi guru dalam pembelajaran sarana dan prasarana sekolah, buku yang kurang menunjang, dan sumber daya.
Disarankan hendaknya sekolah menyediakan kekurangan-kekurangan yang sekarang dihadapi oleh guru dalam pembelajaran seperti kurangnya LDC, buku dan kekurangan yang lain.