Abstract:
ABSTRAK
Utari, Puteri Ade. 2023. Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Pintar Pada kelas V SDN 2 Tantaringin. Skripsi Program Pendidikan Guru Seolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd, Ph, D.
Kata Kunci : Aktivitas, Kemampuan Memecahkan Masalah, Hasil Belajar, dan Model Pintar.
Masalah kemampuan memecahkan masalah ini sangat penting bagi anak SD karena dengan adanaya kemampuan memecahkan masalah ini dapat membuat mereka lebih mampu memahami masalah yang terjadi pada diri mereka dan pembelajaran matematika. Salah satu cara dengan menggunakan model PINTAR. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan model pembelajaran pintar pada kelas V SDN 2 Tantaringin.
Metode penelitian ini menggunakan PTK dengan jumlah anak yang diteliti sebanyak 30 orang. Teknik pengambilan data menggunakan lembar observasi kepada guru, siswa dan lembar tes kepada siswa. Analisis data menggunakan analisis faktor guru dan siswa dengan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil aktivitas guru yang telah diamati dalam melaksanakan langkah-langkah pembelajaran menggunakan model PINTAR dengan skor 30 termasuk dalam kategori sangat baik terlaksana. Hasil aktivitias siswa selama proses pembelajaran adalah 93.3%. Hal ini berarti bahwa ada peningkatan aktivitas belajar siswa sehingga dapat memahami pelajaran dengan baik. Hasil kemampuan siswa dalam belajar 96,66% termasuk dalam kategori sangat terampil dalam memahami pelajaran. Hasil tes yang telah dilakukan bahwa hasil belajar siswa 80,6 termasuk kategori tuntas sesuai dengan KKM.