Abstract:
ABSTRAK
Ridha, Muhammad Rafli 2023. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Muatan Ipa Materi Siklus Air Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning, Team Games Tournament dan Picture and Picture Siswa Kelas 5 Sdn Teluk Tiram 2 Banjarmasin. Skripsi. Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Drs. H. Ramadi, M.Pd
Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Siklus Air, Model Pembelajaran Problem Based Learning, Team Games Tournament, Picture and Picture
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Hal tersebut disebabkan pembelajaran belum terlatih dalam menggali informasi, pembelajaran hanya berlangsung satu arah, pembelajaran masih menggunakan metode konvensional dan siswa pasif, cenderung bekerja secara individu. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning, Team Games Tournament dan Picture and Picture. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam empat kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN Teluk Tiram 2 yang berjumlah 20 orang siswa terdiri dari 7 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan, pada semester II tahun ajaran 2022/2023. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.
Hasil penelitian menujukkan bahwa aktivitas guru dengan presentase 94% kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa dengan presentase klasikal 90% kriteria “Sangat Aktif”. Begitu pula dengan hasil belajar siswa dengan presentase klasikal 100% Kriteria “Tuntas”
Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning, Team Games Tournament dan Picture and Picture dapat meningkatkan kualitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas 5 SDN Teluk Tiram 2. Disarankan kombinasi model ini dapat dijadikan salah satu bahan pertimbangan dalam meningkatkan proses pembelajaran serta meningkatkan hasil belajar siswa khususnya dalam pembelajaran IPA.