Abstract:
Anak down syndrome merupakan anak yang memiliki kelainan genetik trisomi diakibatkan adanya penambahan pada kromosom 21 yang berdampak pada kemampuan intelektual dan bina diri dalam kehidupan sehari-harinya. Pada penelitian ini ditemukan anak down syndrome yang memiliki permasalahan dengan bina dirinya yaitu memerlukan waktu yang lama saat aktivitas mengancing baju. Berdasarkan permasalahan tersebut perlu diadakannya kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan bina diri mengancing baju pada anak down syndrome. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas media dressing frame dalam meningkatkan kemampuan bina diri mengancing baju pada anak down syndrome. Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan subjek tunggal atau dikenal SSR menggunakan desain A-B-A, yang berarti memberikan hubungan sebab akibat diantara variabel terikat dan bebas. Subjek dalam penelitian ini yakni AU siswa kelas VIII di SLB Negeri Pelambuan Banjarmasin. Observasi dan dokumentasi menjadi sistem pencatatan data dalam penelitian. Teknik analisis data yaitu analisis visual dalam kondisi dan visual antar kondisi. Temuan menunjukkan bahwa media dressing frame efektif dalam meningkatkan kemampuan bina diri mengancing baju pada anak down syndrome yang ditandai dengan penurunan durasi dalam mengancingkan baju pada Baseline 1 (A1) dengan mean level 11 menit, lalu kemampuan meningkat ditandai durasi lebih singkat pada tahap Intervensi (B) dengan mean level 7 menit, dan kemudian durasi lebih baik lagi pada tahap Baseline 2 (A2) dengan mean level 3.5 menit.