Abstract:
Pembelajaran daring merujuk pada proses pembelajaran yang menggunakan platform online atau melalui internet. Jika pelaksanaannya sesuai standar, pembelajaran daring akan mampu meningkatkan keefektifan pembelajaran karena dapat memudahkan penyampaian materi pembelajaran yang dilakukan secara jarak jauh. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keefektifan pembelajaran daring di Mitra Yayasan Sekolah Ekspor Nasional. Pada mitra tersebut terdapat sebanyak 800 partisipan dari seluruh Indonsesia dan penelitian ini melibatkan 30 peserta sebagai sampel penelitian. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan angket, untuk pengukuran data menggunakan skala likert. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Berdasarkan hasil keseluruhan dari 4 aspek yaitu ketuntasan belajar, aktivitas belajar, kemampuan pendidik dalam mengelola pembelajaran, dan prasarana yang menunjang pembelajaran dengan hasil “Baik”. Hasil penelitian ini diketahui bahwa efektivitas pembelajaran daring sangat dipengaruhi oleh sarana dan prasarana, karena hal tersebut merupakan hal utama dalam mendukung proses pembelajaran. Maka dari itu dapat dinyatakan bahwa keefektifan pembelajaran daring di Mitra Yayasan Sekolah Ekspor Nasional baik.