Abstract:
ABSTRAK
Pelatihan adalah bagian dari pendidikan yang merupakan sarana pembinaan dan pengembangan karir untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia sesuai dengan kebutuhan pekerjaan, akan tetapi berbagai sarana dan sumber belajar di lembaga pelatihan selalu menjadi kendala. Salah satu elemen media pembelajaran yang dapat merangsang aktivitas belajar dalam meningkatkan kompetensi peserta pelatihan adalah media pembelajaran berbasis video tutorial. Tujuan dari Penelitian ini untuk mengembangkan video tutorial desain grafis sebagai media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kompetensi peserta pelatihan di Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Balai Latihan Kerja Kabupaten Balangan. Penelitian pengembangan media video tutorial ini merupakan jenis penelitian R&D dengan menggunakan model 4D yaitu Define, Design, Development, dan Dissemination. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan angket validasi ahli, serta angket penilaian kepraktisan media peserta pelatihan.
Berdasarkan hasil penilaian ahli media yang diperoleh dari validator sebesar 96,42?ngan katergori “sangat layak”, hasil penilaian ahli materi yang diperoleh dari validator sebesar 100?ngan kategori “sangat layak”, hasil angket penilaian kepraktisan media yang diperoleh dari peserta pelatihan sebesar 90,25?ngan katergori “sangat layak”, peningkatan kompetensi peserta pelatihan mendapat nilai gain sebesar 0,63 dengan kategori “sedang”. Dari hasil data penelitian disimpulkan bahwa video tutorial desain grafis layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi peserta pelatihan.
Kata Kunci : Pengembangan, video tutorial, kompetensi