Abstract:
Mukhlis Muntaha Al Munawar. 2023. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar
Peserta Didik Muatan IPA Menggunakan Model Pembelajaran BACA di
SDN Murung Raya 4 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru
Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas
Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Fathul Jannah M.Pd
Kata Kunci: Aktivitas dan Hasil Belajar, Model BACA
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas pendidik, aktivitas
peserta didik, dan hasil belajar peserta didik yang mengakibatkan peserta didik
masih belum memahami pembelajaran dengan baik dan penyajian pembelajaran
membuat peserta didik pasif dan membosankan. Salah satu upaya meningkatkan
Aktivitas dan hasil belajar yaitu melalui Model BACA yang mana kombinasi dari
model Problem Based Learning, Cycle Learning, dan Make A Match. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis aktivitas pendidik,
aktivitas peserta didik, dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan Model
BACA.
Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang
dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah peserta didik
kelas IV semester genap SDN Murung Raya 4 Banjarmasin tahun pelajaran
2022/2023, jumlah peserta didik sebanyak 20 orang. Jenis data dalam penelitian
ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif, aktivitas pendidik dan aktivitas
peserta didik diukur melalui observasi, dan hasil belajar peserta didik diperoleh
melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data
menggunakan teknik deskriptif kualitatif yang disajikan dengan tabel dan grafik.
Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan disetiap pertemuan. Hal ini
dapat dilihat pada aktivitas pendidik di pertemuan I mencapai kriteria baik,
pertemuan II mencapai kriteria baik, dan pertemuan III mencapai kriteria sangat
baik. Aktivitas peserta didik pada pertemuan I mencapai kriteria aktif, pertemuan
II mencapai kriteria aktif, pertemuan III mencapai kritria sangat aktif. Ketuntasan
klasikal hasil belajar peserta didik pada pertemuan I mencapai 50%, pertemuan II
mencapai 70%, dan pertemuan III mencapai 100.
Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran
BACA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Penggunaan
model ini disarankan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan aktivitas
peserta didik yang berdampak terhadap meningkatnya hasil belajar peserta didik.