Abstract:
Penelitian ini berfungsi untuk mengkaji dan bereksperimen gaya atau model belajar berbasis proyek dalam pendidikan PPKn dan dampaknya kepada kemampuan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan dengan menerapkan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 bulan dengan intensitas 3 kali pertemuan setia kelasnya. Penelitian ini berlokasi di SMP Negeri 21 Banjarmasin dengan mengambil kelas VIII A sebagai kelas ekseperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol.
Data dikumpulkan dengan menggunakan metode pengamatan serta tes. Data di analisis dengan uji T- Dependent menggunakan bantuan aplikasi SPSS 25. Setelah dilakukan analisa dengan uji T-Dependent didapat peningkatan nilai di kelas eksperimen saat pree test dengan nilai rata-rata 59,35 menjadi 85,16 saat post test dengan nilai P sebesar 0,000. Sebaliknya, hasil analisis T-dependency pada kelas kontrol mencapai 60,34 pada tes sebelumnya (pree test) dan terjadi peningkatan pada tes terakhir (post awal) menjadi 77,93 dengan nilai P yaitu 0,000. Perbandingan antara skor menggunakan PjBL dan model konvensional yang diuji menggunakan uji independent T-Test menunjukkan bahwa tidak ada perbandingan hasil belajar kognitif pada tes sebelumnya dengan nilai t sebesar -0,252 dan P sebesar 0,801. Sedangkan pada tes terakhir diperoleh nilai t sebesar 2,360 dan nilai P 0,02, artinya penerapan gaya atau model belajar konvensional dengan model belajar PjBL akan menghasilkan kemampuan kognitif siswa yang berbeda.