Abstract:
Abstrak:
Dalam penelitian ini dapat dijumpai permasalahan rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa yang dikarenakan siswa masih kurang memahami pembelajaran dan kurang berpartisipasi dalam pembelajaran. Adapun solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan kombinasi model PBL, TPS dan CRH. Dengan tujuan penelitian ini dapat mengetahui aktivitas siswa maupun guru serta meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif, pada penelitian ini dilakukan selama 4 pertemuan. Adapun subjek penelitiannya pada siswa kelas V yang berada di SDN Sungai Miai 8 Banjarmasin dengan 18 orang siswa. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan aktivitas guru dari pertemuan I mencapai skor 64 dengan kategori “Baik” dan pada pertemuan IV mencapai skor 97 dengan kategori “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai skor 57 dengan kategori “Cukup Aktif” terjadi peningkatan pada pertemuan IV mencapai skor 84 dengan kategori “Sangat Aktif”. Begitu juga dengan hasil belajar baik ranah kognitif terjadi peningkatan mencapai 94%, sedangkan ranah afektif dan psikomotorik terjadi peningkatan mencapai 100%.