Abstract:
Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya permasalahan volunteer dalam mendampingi penyusunan skripsi mahasiswa tunarungu. Diantaranya mahasiswa tunarungu kesulitan dalam menyusun kalimat yang saling berkaitan antar paragraf. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kendala volunteer dalam mendampingi penyusunan skripsi mahasiswa tunarungu; 2) strategi volunteer dalam mendampingi penyusunan skripsi mahasiswa tunarungu. Penelitian ini berjenis kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah 5 orang volunteer mahasiswa tunarungu angkatan 2017 Program Studi Pendidikan Khusus. Teknik pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kendala volunteer dalam mendampingi penyusunan skripsi mahasiswa tunarungu adalah penyusunan kalimat terbolak-balik, jadwal bimbingan dengan dosen pembimbing yang tidak sama dengan volunteer, lokasi penelitian yang berbeda dengan domisili volunteer, adanya COVID-19, serta mahasiswa tunarungu tidak mengerti cara mengolah data 2) strategi volunteer dalam mendampingi penyusunan skripsi mahasiswa tunarungu adalah memeriksa kembali hasil penyusunan dari mahasiswa tunarungu, membantu menyusun kalimat agar berkaitan antar paragraf, mengatur jadwal bimbingan antara volunteer, mahasiswa tunarungu dan dosen pembimbing, serta mendampingi mahasiswa tunarungu penelitian di luar kota. Pada pengolahan data volunteer menjelaskan mengenai rumus untuk menghitung data yang sudah diperoleh.
Kata Kunci: Strategi Volunteer, Penyusunan Skripsi, Mahasiswa Tunarungu