Abstract:
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah strategi preventif perilaku indisipliner dalam menumbuhkan karakter disiplin siswa di SMPN 3 Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan. Di ketahui kedisiplinan merupakan hal fundamental yang harus tertanam pada soorang siswa, akan tetapi hal dasar tersebut pula yang sering menjadi permasalahan bagi setiap siswa. Oleh karenanya di perlukan strategi khusus yang di lakukan sekolah untuk menemukan cara untuk menekan jumlah pelanggaran kedisiplinan yang di lakukan oleh siswa. Studi ini menggunakan metodologi kualitatif. Data dihimpun melalui teknik observasi dan wawancara. Tahap pemilihan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan adalah proses analisis data.Hasil penelitian yang di dapat dari strategi preventif perilaku indisipliner di SMPN 3 Banjarmasin: (1) SMPN 3 Banjarmasin menerapkan sistem buku saku pedoman berperilaku siswa (2) efektivitas dari penerapan strategi ini sudah di katakan cukup baik dalam menekan jumlah pelanggaran disipli di SMPN 3 Banjarmasin (3) Seseorang baru dapat di katakan debagai individu yang disiplin apabila ia dapat memenuhi kaidah-kaidah baik yang telah di tetapkan oleh masyarakat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi preventif perilaku indisipliner dalam menumbuhkan karakter disiplin siswa di SMPN 3 Kota Banjarmasin adalah dengan pemberian buku pedoman berperilaku siswa. Jika dilihat dari tingkkat efektivitasnya sudah dapat di katakan cukup baik. Saran yang di ajukan adalah Kedisiplinan merupakan sifat yang harus tertanam pada setiap individu, oleh sebab itu sudah seharusnya kita untuk senantiasa membiasakan sikap disiplin ini di dalam kehidupan sehari-hari maupun di dalam lingkungan bermasyarakat