Abstract:
PCK merupakan pengetahuan pribadi seorang guru yang diperlukan untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa. Penelitian ini merupakan uji komperatif dengan membandingkan kesadaran guru IPA tentang PCK dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas VIII. Populasi penelitian ini melibatkan siswa kelas VIII dari 2 sekolah yang berjumlah 68 siswa, sampel penelitian dipilih secara porpusive sampling yaitu 36 siswa yang gurunya sadar PCK dan 32 siswa yang gurunya tidak sadar PCK. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meggunakan data sekunder yaitu nilai ujian akhir semester siswa diambil dari masing-masing sekolah dan dibandingkan menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov dikarenakan data yang dikumpulkan tidak normal ataupun homogen. Uji statistik mengungkapkan bahwa terdapat perbedaan konkret antara hasil belajar siswa guru sadar PCK dengan skor lebih rendah dari pada hasil belajar siswa guru tidak sadar PCK. Hasil penelitian ini memiliki perbedan dengan teori yang telah disusun tentang PCK, sehingga perlu dilakukan kajian yang lebih mendalam dan lebih rigid saran untuk penelitian selanjutnya yakni dengan mencari sekolah yang secara statistik homogen serta mempertimbangkan aspek selain akriditasi seperti keterampilan guru dan pengalaman mengajar.