Abstract:
ABSTRAK
Zahratun Aliyah, 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk
Kolaborasi Sway dan Kahoot pada Materi Ketenagakerjaan Kelas XI IPS SMA
PGRI 6 Banjarmasin. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.
(Pembimbing I: Dr. Muhammad Rahmattullah, M.Pd. Pembimbing II: H. Maulana
Rizky, M.Acc., Ak.)
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis kevalidan media pembelajaran
berbentuk kolaborasi sway dan kahoot pada materi ketenagakerjaan, (2)
menganalisis kepraktisan media pembelajaran berbentuk kolaborasi sway dan
kahoot pada materi ketenagakerjaan, dan (3) menganalisis keefektifan media
pembelajaran berbentuk kolaborasi sway dan kahoot dalam meningkatkan hasil
belajar siswa pada materi ketenagakerjaan. Penelitian ini termasuk dalam
penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model
pengembangan 4D. Ada empat tahap dalam model 4D yaitu tahap define, tahap
design, tahap develop, dan tahap disseminate. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa media pembelajaran berbentuk kolaborasi sway dan kahoot berdasarkan
hasil validasi ahli materi memperoleh rata-rata skor total 4,59 dengan kriteria
sangat valid dan persentase hasil memperoleh nilai 91,8?ngan kategori sangat
praktis. Hasil validasi ahli media memperoleh rata-rata skor 4,36 dengan kriteria
sangat valid dan persentase hasil memperoleh nilai 87,2?ngan kategori sangat
praktis. Pada uji coba lapangan, respon siswa terhadap media pembelajaran yang
dikembangkan memperoleh rata-rata skor total 4,43 dengan kriteria sangat valid
dan persentase hasil memperoleh nilai 88,6?ngan kategori sangat praktis.
Hasil dari uji Gain Score untuk menilai keefektifan media pembelajaran yaitu
0,70 yang memiliki kriteria tinggi dan persentase memperoleh nilai 70,9?ngan
kategori cukuf efektif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media
pembelajaran berbentuk kolaborasi sway dan kahoot pada materi ketenagakerjaan
kelas XI IPS SMA PGRI 6 Banjarmasin dinyatakan sangat valid, sangat praktis
dan cukup efektif digunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Sway, Kahoot, 4D