Abstract:
Hasil belajar yang diharapkan di abad 21 adalah peserta didik memiliki keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis merupakan syarat penting untuk memecahkan masalah dalam kehidupan. Materi dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam perlu dipahami dengan mengandalkan keterampilan berpikir kritis, dan relevan dengan lingkungan hidup. Namun, di SMP Negeri 1 Hulu Sungai Tengah belum dilengkapi dengan panduan belajar yang optimal dalam memenuhi tuntutan tersebut, sehingga dikembangkan panduan praktikum IPA berbasis keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan menguji kepraktisan dan keefektivan dari panduan praktikum IPA yang dikembangkan. Kepraktisan diperoleh dari angket respon peserta didik dan observasi keterlaksanaan penggunaan panduan praktikum, sedangkan keefektifan diperoleh dari kategorisasi Uji N-Gain keterampilan berpikir kritis peserta didik. Hasilnya menunjukkan: panduan praktikum IPA yang dikembangkan praktis dengan hasi uji perorangan 97,22% (sangat baik), hasil respon peserta didik 98,57% (positif), dan keterlaksanaan 100% (sangat baik). dan efektif dengan hasil kategorisasi N-Gain keterampilan berpikir kritis peserta didik tinggi untuk tiga indikator, dan sedang untuk dua indikator.