Repo Mhs ULM

Pengembangan Aplikasi Android tentang Pamplet Hutan Pantai terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa

Show simple item record

dc.contributor.author Muhammad Rizki Anwar
dc.date.accessioned 2022-03-23T08:00:56Z
dc.date.available 2022-03-23T08:00:56Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/29221
dc.description.abstract ABSTRAK Muhammad Rizki Anwar, 2021. Pengembangan Aplikasi Android tentang Pamplet Hutan Pantai terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Magister Pendidikan Biologi, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Ir. H. Mochamad Arief Soendjoto, M.Sc dan (II) Dr. Dharmono, M.Si Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi memiliki peranan yang sangat penting bagi mahasiswa. Peran teknologi dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses belajar mengajar sehingga dapat mempermudah dalam mencapai tujuan pendidikan. Pada dasarnya proses pembelajaran selalu memerlukan pembaharuan baik dari sistem pembelajaran atau media pembelajaran yang dikembangkan. Pembaharuan media pembelajaran penting dilakukan secara berkala sesuai dengan kebutuhan dan teknologi terkini sehingga berpengaruh terhadap peningkatan kualitas pembelajaran. Fenomena yang muncul selama proses perkuliahan etnobotani, masih terbatasnya pembelajaran yang ada. Media yang digunakan merupakan media langsung dan masih kurangnya media yang mampu dibawa kemana-mana dan mampu memfasilitasi keterampilan berpikir kritis. Oleh karenanya perlu dikembangkan sebuah media yang mudah untuk dibawa dan mampu memfasilitasi keterampilan berpikir kritis. Melihat permasalahan tersebut maka dikembangkanlah sebuah media pembelajaran yang diberi nama “Pamplet” yang merupakan singkatan dari (Palmae Plant Ethnobotany). Media ini merupakan bagian dari mobile learning dengan berbasis sistem android dan berisi materi etnobotani khususnya famili arecaceae. Penelitian pengembangan yang dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan keefektifan Pamplet. Metode penelitian menggunakan evaluasi formatif berdasarkan desain Tessmer (1998) yang terdiri dari evaluasi diri, validasi ahli, uji perorangan, uji kelompok kecil dan uji lapangan. Subjek penelitian pada uji pakar terdiri dari 3 dosen Magister pendidikan Biologi ULM, uji perorangan 3 mahasiswa, uji kelompok kecil terdiri dari 5 mahasiswa dan uji lapangan sebanyak 10 mahasiswa pemprogram mata kuliah etnobotani. Hasil penelitian terhadap validitas pamplet didapatkan kriteria sangat valid berdasarkan hasil validasi ahli dengan rata-rata nilai 85,56, sedangkan pada uji perorangan untuk melihat kepraktisan isi didapatkan nilai 92,13. Pamplet dinyatakan praktis berdasarkan respon mahasiswa dengan nilai 92,20 dan keterlaksanaan 93,00 dengan kriteria sangat baik. Keefektifan media ini sangat baik berdasarkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa pada uji kelompok kecil (harapan) dengan nilai 83,00 dan pada uji lapangan (aktual) dengan nilai 70,50 meningkat menjadi 89,30. Nilai rata-rata N-gain pada uji lapangan sebesar 0,6 dengan kriteria sedang. Berdasarkan data yang didapatkan maka media pamplet dinyatakan valid, praktis dan efektif. Kata kunci: Pengembangan Aplikasi Android, Pamplet, Keterampilan Berpikir Kritis
dc.title Pengembangan Aplikasi Android tentang Pamplet Hutan Pantai terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account