Repo Mhs ULM

Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA dalam Menyelesaikan Masalah Ekologi 

Show simple item record

dc.contributor.author Nitta Hadiyah
dc.date.accessioned 2022-03-23T08:01:54Z
dc.date.available 2022-03-23T08:01:54Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/29228
dc.description.abstract ABSTRAK Hadiyah, Nitta, 2021. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA dalam Menyelesaikan Masalah Ekologi. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Aminuddin Prahatama Putra dan (II) Atiek Winarti Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Penyelesaian Masalah, Ekologi Berfikir kreatif sangat penting dalam abad 21 untuk mempersiapkan manusia menjadi pribadi yang beriman, produktif, inovatif dan kreatif serta berkontribusi pada kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara, oleh sebab itu sekolah menjadikan kemampuan berfikir kreatif menjadi salah satu kompetensi kelulusan peserta didik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tingkat kemampuan berpikir kreatif peserta didik dan mendeskripsikan karakteristik masing-masing tingkat kemampuan berpikir kreatif peserta didik SMA Negeri 4 Banjarmasin dalam menyelesaikan masalah ekologi. Metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah 9 orang peserta didik yang dipilih berdasarkan metode purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes tertulis dalam LKPD dan peneliti itu sendiri dalam wawancara. Data yang didapatkan dianalisis mengunakan metode analysis triagulasi. Hasil penelitian menggunakan empat tingkat kemampuan peserta didik dalam penyelesaian masalah secara kreatif pada konsep ekologi. Tingkat kemampuan berpikir kreatif peserta didik dominan pada tingkat cukup kreatif. Karakteristik tingkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik, yaitu tingkat kreatif memiliki ketercapaian aspek fluency tinggi, flexibility dan novelty tergolong sedang. Tingkat cukup kreatif memiliki ketercapaian aspek fluency, flexibility dan novelty tergolong sedang, dan peserta didik tingkat kurang kreatif memiliki ketercapaian aspek fluency, flexibility dan novelty tergolong rendah.
dc.title Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA dalam Menyelesaikan Masalah Ekologi 


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account